Berita

    Featured Image

    Waspadai Aquaplaning Ketika Berkendara di Musim Hujan

    Berkendara di musim hujan memang memberikan tantangan tersendiri bagi para pengendara. Selain jarak pandang yang terganggu, kondisi jalanan yang licin juga harus diwaspadai sebab dapat menyebabkan kendaraan tergelincir. Selain itu, Anda juga harus waspada terjadinya Aquaplaning.

    Mengenal Aquaplaning atau Hydroplaning

    Hydroplaning adalah suatu kondisi ketika hujan deras menyebabkan penumpukan genangan air di antara permukaan roda dan permukaan jalan. 

    Akibatnya alur atau telapak ban tidak dapat mencengkram permukaan jalan dan roda akan kehilangan-edit kontak dengan permukaan jalan. Anda akan merasa seperti melayang dan Anda bisa kehilangan kontrol kendaraan Anda.

    Hal tersebut merupakan kondisi yang berbahaya karena dapat menyebabkan kendaraan tergelincir bahkan kecelakaan. Oleh karena itu, Anda harus berhati hati ketika berkendara terutama ketika melewati jalanan yang basah dan licin.

    Terdapat beberapa tanda-tanda ketika Anda mengalami Aquaplaning yang harus Anda waspadai. Apa saja? Berikut ulasannya.

    Tanda Kendaraan Anda Mengalami Hydroplaning

    • Mesin Anda tiba tiba mengeluarkan suara yang keras
    • Kemudi Anda tiba tiba terasa ringan
    • Roda bagian belakang terasa melayang

    Jika Anda mengalami beberapa tanda tersebut, jangan panik! Inilah beberapa tips yang bisa Anda lakukan ketika mengalami Hydroplaning.

    Tips Menghadapi Hydroplaning

    Beberapa orang akan merasa panik dan mengerem mendadak ketika tiba tiba motor yang dikendarai hilang kendali. Padahal hal tersebut justru bisa membahayakan keselamatan pengemudi. Hal pertama yang perlu Anda lakukan ketika mengalami Hydroplaning adalah tetap tenang.

    Pegang kemudi dengan erat lalu turunkan kecepatan dengan melepas pegangan gas kemudian rem dengan perlahan. Jaga agar roda tetap lurus dan hindari memutar roda atau bermanuver secara tiba tiba atau motor akan tergelincir. 

    Setelah kecepatan motor menurun biasanya roda akan dapat mencengkram kembali permukaan jalan. Jika Anda sudah mendapatkan kembali kontrol kendaraan maka gerakkan pedal gas secara perlahan. 

    Cara Mencegah Hydroplaning

    Hydroplaning sendiri bisa dicegah melalui beberapa cara sebagai berikut

            1. Kurangi Kecepatan

    Ketika melewati genangan air atau jalanan yang licin, pastikan untuk selalu mengurangi kecepatan laju kendaraan Anda.