Berita

    Featured Image

    Mengenal Fungsi Paddle Shift pada Mobil

    Pernahkah Anda mendengar fitur paddle shift pada mobil? Apabila Anda menjawab pernah tahu karena sering menonton balap mobil, jawabannya adalah tepat. Fitur yang satu ini memang ditemukan pada mobil balap.

    Namun itu dulu. Sekarang fitur tersebut sudah bisa Anda temukan di beberapa mobil keluaran baru. Apalagi untuk mobil yang memiliki tampilan sporty.

    Apa Sih Paddle Shift Itu? Ini Penjelasan Lengkapnya

    Pasti masih jadi banyak pertanyaan, mengapa mobil keluaran terbaru menggunakan fitur ini? Padahal dahulu hanya mobil balap yang memilikinya. Sebab, fitur yang satu ini berfungsi untuk memudahkan saat terjadi perpindahan gigi dan menambah kecepatan saat melaju.

    Fitur yang satu ini hanya bisa Anda gunakan untuk pemilik mobil transmisi otomatis continuously variable transmission. Jika Anda masuk pada mobil jenis ini, coba amati pada bagian kemudi sisi kanan dan kiri. Akan ada simbol + pada bagian kanan, sementara tanda - ada pada bagian kiri.

    Namun demikian, tidak semua mobil transmisi otomatis yang memiliki fitur ini. Sebab, fungsinya tidak begitu urgent, apalagi jika bukan merupakan mobil sporty. 

    Fungsi pada Mobil

    Sejatinya tuas ini adalah kendali yang ada pada mobil otomatis untuk mengatur perpindahan gigi. Hanya saja, penempatannya ada pada bagian kemudi, bukan di bawah. Supaya pengemudi mampu mengatur perpindahan tuas, tanpa melepas tangan pada setir.

    Hal ini membuat pemilik akan lebih senang dalam berkendara. Sebab hanya menggunakan jari, pengemudi sudah bisa menjangkau keberadaan tombol. Sehingga lebih aman dalam berkendara.

    Fungsi dari paddle shift sendiri adalah untuk memungkinkan adanya perpindahan gigi seperti pada mobil manual. Anda tidak perlu menarik tuas persneling dan hanya fokus pada setir. Tangan Anda akan lebih leluasa dalam melakukan penyetiran.

    Tentu saja ini membawa keuntungan bagi para pengemudi. Karena bisa lebih mudah berkendara di beberapa situasi. Misalnya saja saat Anda harus terburu-buru dan menyalip kendaraan lain di tol. Atau situasi pada arena balap adalah agar pebalap bisa terus melaju kencang tanpa bingung tuas persneling.

    Namun tentu saja hal ini juga membawa kerugian jika Anda menggunakannya secara sembarangan. Adanya fitur bisa membuat Anda semangat untuk mempercepat laju mobil. Sebab penggunaannya begitu mudah.

    Anda tetap harus berhati-hati dalam berkendara. Tidak perlu terlalu cepat jika tidak dihambat waktu. Karena mengemudi mobil dalam kecepatan tinggi juga membahayakan keselamatan saat berkendara.

    Cara Penggunaan Fitur pada Mobil