Berita

    Featured Image

    Tips Menghadapi Saat Rem Mobil Blong, Tidak Berfungsi

    Masalah rem blong atau tidak berfungsi adalah situasi yang sangat berbahaya, sebab mobil tidak bisa dihentikan. dengan cara menekan pedal rem. Hal ini tentu dapat mengancam keselamatan pengemudi maupun penumpang di dalam kendaraan.

    Biasanya, masalah rem yang blong bisa ditandai dengan beberapa tanda-tanda seperti pedal rem terasa loss, lembek, atau tidak merespons dengan baik saat diinjak. Selain itu, bisa juga ditandai dengan adanya bunyi gesekan atau suara yang aneh saat pedal rem diinjak.

    Penyebab Rem Blong dan Cara Mengatasinya

    Ada beberapa penyebab umum mengapa rem mobil bisa blong atau tidak berfungsi Salah satunya adalah kebocoran pada sistem hidrolik rem. Kebocoran bisa terjadi pada selang rem, silinder rem, atau tuas rem.

    Selain itu, keausan pada komponen rem seperti kampas rem atau cakram serta kegagalan pada sistem rem ABS (Anti-lock Braking System) juga dapat mengakibatkan masalah ini. Adapun langkah untuk mengatasinya bisa dilakukan sesuai hasil identifikasi penyebab.

    Misal jika penyebabnya adalah kebocoran sistem hidrolik, maka lakukan perbaikan atau penggantian komponen terkait. Oleh karena itu, segera bawa mobil Anda ke bengkel terdekat jika merasakan tanda-tanda rem tidak berfungsi atau blong.

    Cara Menghadapi Rem Mobil Blong Saat Sedang Berkendara

    Apabila Anda mengalami masalah rem blong ketika sedang mengemudi, jangan langsung panik. Agar tetap selamat hingga mobil berhenti, berikut ini panduan yang wajib Anda ketahui:

    • Coba Guncangkan Pedal Rem

    Dalam beberapa kasus, masalah rem yang blong hanya bersifat sementara dan dapat diperbaiki dengan mengguncangkan pedalnya. Misal, jika merasa pedal rem terasa loss atau tidak merespon dengan baik saat diinjak, coba guncangkan beberapa kali.

    Gerakan ini dapat membantu menghilangkan kemungkinan kesalahan atau gangguan pada sistem rem yang mungkin terjadi. Jika setelah diguncangkan rem masih belum juga berfungsi, simak cara berikutnya.

    • Turunkan Gigi Secara Bertahap

    Menurunkan gigi secara bertahap dapat memberikan gaya hambat yang lebih besar, sehingga kendaraan dapat melambat secara perlahan tanpa harus bergantung pada sistem pengereman.

    • Manfaatkan Rem Tangan

    Jika rem utama mengalami masalah, maka solusinya segera gunakan rem cadangan. Rem cadangan dapat berupa rem tangan atau rem parkir maupun sistem rem darurat lainnya jika ada, yang umumnya terletak di sekitar tempat duduk pengemudi.

    • Jangan Langsung Mematikan Mesin