Berita

    Featured Image

    Ini Ciri-Ciri Koil Mobil Melemah

    Koil mobil lemah dapat disebabkan oleh durasi pemakaian kendaraan tersebut yang telah lama. Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat membawa mobil ke bengkel resmi, namun sebelum itu Anda sebaiknya mengetahui ciri-ciri koil mobil melemah.

    Apa sajakah ciri-ciri melemahnya koil mobil yang sebaiknya Anda ketahui? Nah, untuk mengetahuinya, Anda dapat mengikuti rangkaian informasi berikut ini.

    Beberapa Ciri Koil Mobil Lemah

    Pada dasarnya, koil mobil memiliki fungsi krusial pada sistem pengapian agar dapat membuat arus listrik bertegangan 20 ribu sampai 30 ribu volt. Lalu, tingginya tegangan tersebut dapat diubah oleh busi, dengan begitu dapat memercikkan api di ruang bakar.

    Apabila koil mobil melemah, maka ia tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Anda dapat mengetahui keadaan melemah ini melalui ciri-ciri sebagai berikut.

    • Koil Menjadi Panas

    Ciri melemahnya koil yang pertama adalah ketika Anda merasakan panas saat meraba komponen ini. Kemunculan panas ini lumayan berbeda bila dibandingkan dengan kondisi normal. 

    Umumnya, panas ini terjadi sebab umur koil telah terlampau tua. Namun bisa pula karena gulungan kawat primer serta sekunder memiliki nilai resistensi terlampau besar.

    Nah, kondisi itulah yang menyebabkan panas berlebih dapat Anda rasakan ketika memegang koil. Tentunya, juga memberikan pengaruh performa koil tersebut sendiri.

    • Adanya Percikan Api Pada Koil

    Api yang memercik merupakan keadaan yang normal pada sistem performa mobil. Akan tetapi, jika eksistensi percikan tersebut berasal dari koil sendiri, ini pertanda bahwa ia melemah. Tanda lainnya juga terdapat kebocoran insulator koil.

    Pengecekan dapat Anda lakukan melalui penyemprotan spray air pada koil sewaktu mesin hidup. Anda sebaiknya mengecek dalam kegelapan supaya dapat memastikan api memercik di busi lebih jelas.

    Apabila keadaan koil baik-baik saja, percikan api tidaklah muncul. Namun, saat bocor, muncullah percikan api.

    • Ketidaknormalan Percikan Api dari Busi

    Telah dijelaskan sebelumnya bahwa busi dibantu koil dalam memercikkan bunga api dalam ruang bakar. Akan tetapi jika kemunculan percikan justru terlihat kecil, lemah, serta kuning kemerahan, lantas itulah salah satu tanda koil mobil lemah.

    • Mesin Tidak Mampu Dihidupkan Sebab Terlalu Panasnya Koil

    Koil mobil lemah menyebabkan mesin sulit dihidupkan. Hal ini terjadi sebab koil telah di dalam temperatur terlalu tinggi. Resistansi kumparan sekunder mengalami peningkatan, jadi arus listrik terhambat, dan tercegahlah busi memercikkan api.

    • Lebih Lama Ketika Starter Mobil