Berita

    Featured Image

    Sudah Mulai Kusam? Ini Tanda Kaca Film Mobil Anda Perlu Diganti

    Kaca film mobil, sama seperti komponen mobil lainnya, tentu akan mengalami penurunan fungsi seiring lamanya waktu pemakaian.

    Pada kasus kaca film yang berfungsi untuk menghalau sinar matahari hingga mengurangi panas yang masuk, semakin lama digunakan, komponen ini akan berubah menjadi kusam.

    Begitu sudah berubah kusam, alhasil hal ini akan mengganggu visibilitas yang berisiko memicu kecelakaan. Ketika hal ini terjadi, langkah yang tepat untuk dilakukan, yaitu perlunya penggantian.

    Untuk itu, pada artikel ini akan dibahas mengenai hal-hal yang umumnya menjadi pertanda bahwa kaca film pada mobil Anda perlu diganti. Selengkapnya, simak pembahasan berikut.

    Berapa Lama Kaca Film Mobil Harus Diganti?

    Sebelum membahas mengenai tanda-tanda yang biasanya muncul ketika kaca film pada mobil harus diganti, sebaiknya Anda ketahui terlebih dahulu berapa lama usia pakai rata-rata dari komponen penting ini.

    Kaca film pada mobil memiliki usia pakai yang beragam. Namun umumnya, kaca film ini mampu berfungsi dengan optimal selama kira-kira 5 tahun. Ketika sudah melebihi waktu tersebut, maka kaca film sebaiknya diganti.

    Hal-hal yang mempengaruhi lamanya usia pakai kaca film, yaitu intensitas parkir di ruang terbuka yang terkena sinar matahari langsung hingga faktor perawatannya.

    Ketika mobil terlalu lama parkir di bawah matahari dan kaca film pada mobil tidak dibersihkan dengan benar, maka tidak bisa dipungkiri akan kemungkinan terjadinya kerusakan dan usia pakai dari komponen ini menjadi berkurang.

    Tanda Kaca Film Mobil Perlu Diganti

    Ada beberapa hal yang umumnya menandakan bahwa kaca film pada mobil Anda perlu diganti. Hal-hal tersebut antara lain, yaitu sebagai berikut.

    • Mengganggu Penglihatan

    Salah satu pertanda yang menunjukkan kaca film perlu diganti, yaitu ketika komponen tersebut sudah mulai mengganggu penglihatan.

    Apabila tidak segera diganti, seperti yang disebutkan sebelumnya, kaca film yang mengganggu pengelihatan ini berisiko menyebabkan kecelakaan lalu lintas

    • Ada Bagian Terkelupas

    Hal berikutnya yang juga bisa menandakan bahwa kaca film mobil Anda harus segera diganti, yaitu ketika terdapat bagian yang sudah mulai terkelupas.

    Apabila hal ini terjadi, artinya daya rekat dari kaca film pada mobil Anda sudah mulai berkurang. Agar dapat berkendara kembali dengan nyaman, maka Anda perlu buru-buru untuk menggantinya.

    • Perubahan Warna Menjadi Biru atau Ungu