Berita

    Featured Image

    Cek Lagi! Ini Tanda-Tanda Ada Bagian yang Konslet pada Mobil

    Konslet pada mobil bisa terjadi pada setiap pengemudi, termasuk Anda. Maka dari itu, perlu rasanya Anda mengetahui tanda-tandanya apabila ada komponen mobil Anda sedang konslet.

    Kondisi konslet yang terjadi pada kendaraan Anda biasanya terkait dengan sistem kelistrikan mobil. Terkadang, sistem kelistrikan menjadi hal yang sering diabaikan oleh pemilik mobil hingga muncul kerusakan yang lebih parah.

    Agar hal tersebut tidak terjadi, sebaiknya Anda membaca artikel kali ini hingga akhir. Tujuannya agar Anda dapat memahami tanda-tanda konslet pada komponen mobil dan mengetahui cara mengatasinya.

    Inilah 6 Tanda Konslet Pada Mobil, Wajib Anda Ketahui!

    Anda wajib mengetahui berbagai tanda konsleting pada mobil sejak dini agar tidak terjadi kerusakan fatal. Jangan abaikan tanda-tanda di bawah ini.

    • Lampu Utama Redup/Berkedip

    Tanda awal yang terlihat ketika mobil mengalami konslet adalah komponen lampu berkedip-kedip, bahkan redup. Tanda ini cukup umum terjadi untuk menandakan sistem kelistrikan mobil Anda sedang konslet.

    Terlebih jika lampu LED tidak berkedip-kedip, tapi lampu utama yang berkedip. Hal tersebut menandakan adanya kerusakan pada sistem kelistrikan mobil Anda. 

    • Masalah pada Alternator

    Alternator berfungsi sebagai penghasil energi listrik yang akan dialirkan ke aki mobil. Nah, apabila Anda merasakan adanya konslet pada kendaraan Anda, mungkin penyebabnya bersumber dari komponen satu ini.

    Jika komponen alternator bermasalah, ditandai dengan arus listrik mobil yang tidak stabil. Maka dari itu, Anda disarankan untuk segera memeriksa komponen alternator apabila ada tanda-tanda kelistrikan mobil tidak beres.

    • Sistem Pengereman Bermasalah

    Konsleting pada mobil bisa ditandai dengan sistem pengereman yang bermasalah. Khususnya, apabila Anda sudah memiliki mobil dengan teknologi pengereman dengan sistem listrik.

    Jika Anda sulit untuk mengerem, mungkin ada masalah pada kelistrikan mobil Anda. Cara untuk mengeceknya cukup mudah, Anda dapat mengecek komponen sensor dan kabel yang terkoneksi ke bagian sistem pengereman.

    • Mobil Sulit Distarter

    Mobil sulit distarter atau dinyalakan juga pertanda bahwa adanya konslet pada mobil.  Saat ada masalah pada kelistrikan mobil, tanda ini yang paling umum terjadi. Maka dari itu, jika mobil sudah sulit distarter, sebaiknya Anda periksa ke bengkel terdekat.

    Montir mobil akan melakukan pengecekan secara menyeluruh pada mesin dan sistem kelistrikan mobil. Karena biasanya jika tanda ini sudah dialami oleh Anda, artinya konsleting pada mobil sudah cukup parah.

    • Sekring Mobil Putus

    Konsleting yang terjadi pada mobil bisa ditandai dengan sekring mobil yang putus. Komponen sekring berfungsi untuk mencegah terjadinya konsleting pada sistem kelistrikan mobil.

    Jadi, apabila sekring terputus, maka seluruh sistem kelistrikan akan terganggu dan menyebabkan beberapa komponen mobil rusak. Pada kasus ekstrem, akan menyebabkan mobil tidak bisa dikendarai.

    • Mobil Mogok/Mati Total

    Nah, tanda yang terakhir adalah mobil mogok dan mati total. Hal ini bisa terjadi apabila kerusakan sistem kelistrikan sangat parah. Jika Anda mengabaikan tanda-tanda sebelumnya, maka konsleting pada mobil bisa bertambah parah dan mati total.

    Satu-satunya cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan membawa mobil Anda ke bengkel dan menyerahkan masalah ini pada montir profesional.

    Jika mobil mogok dan mati total karena sistem kelistrikan rusak, maka komponen-komponen mobil lainnya sudah terdampak. Hal ini yang memerlukan penanganan dari montir atau bengkel profesional.

    Jika Anda mengalami tanda-tanda konslet pada mobil di atas, sebaiknya jangan tunggu sampai keadaan lebih parah. Segera periksakan kendaraan Anda dengan cara lakukan servis rutin di bengkel resmi.