Berita

    Featured Image

    Ketahui Komponen Power Train Mobil & Fungsinya

    Apakah Anda pernah berpikir, bagaimana cara mobil bergerak dengan kecepatan yang dapat diatur oleh pengemudi? Agar membuat mobil bergerak, memang diperlukan berbagai macam komponen serta saling terhubung. Komponen tersebut contohnya saja seperti power train mobil.

    Jika Anda menyukai dunia otomotif, komponen seperti power train tentu menjadi hal yang tidak asing lagi didengar. power train adalah sistem yang berfungsi agar dapat meneruskan tenaga putar di roda penggerak.

    Apa itu Power Train Mobil? 

    Komponen power train ini adalah sistem penggerak yang berlokasi di dalam mobil. sistem ini berlokasi di beberapa tempat mulai dari listrik, body, hingga samping mesin. Bergantung dari jenis kendaraan yang digunakan.

    Sistem power train ini memiliki peran penting untuk membuat kendaraan karena memiliki fungsi meneruskan tenaga, terlebih tenaga penggerak yang dikeluarkan mesin ke roda mobil dan membuat mobil dapat bergerak. 

    Ketika mobil dinyalakan, sistem akan mengoperasikan roda. Pengemudi dapat mengatur power train menggunakan tenaga serta kecepatan putar yang sesuai dengan kebutuhan. adanya sistem ini juga memungkinkan pengemudi memacu kendaraan dengan kecepatan yang tinggi dan rendah sesuai keinginan. 

    Komponen power train ini juga dapat diartikan sebagai rangkaian mesin penggerak yang dapat membuat mobil melaju secara maksimal. Ketika mesin dihidupkan nantinya sistem listrik akan berada di posisi menyala, dan sistem pengoperasiannya dimulai. 

    Komponen Power Train Mobil

    Berikut berbagai komponen yang dimiliki power train, antara lain:

            1. Final Gear

    Differential atau yang juga disebut dengan final gear adalah komponen dari power train yang berguna untuk mengubah kecepatan mesin serta tenaga putar. Final gear juga sering digunakan untuk memperbesar torsi dan akan didistribusikan di bagian kiri dan kanannya. 

            2. Propeller Shaft

    Komponen lainnya adalah propeller shaft. Komponen ini berguna meneruskan tenaga yang berasal dari transmisi di final gear. Komponen propeller shaft ini mempunyai bentuk batang baja berlubang di ujung dan memiliki universal point. Ketika roda penggerak naik dan turun, komponen ini dapat memanjang serta memendek. 

            3. Transmisi

    Salah satu komponen dari power train yang tidak boleh dilupakan adalah transmisi. Transmisi adalah komponen yang berguna sebagai pengendali tenaga putar dan dihasilkan oleh mesin. Transmisi dapat bekerja dengan cara mengubah torsi antara roda penggerak dan mesin, agar mobil dapat bergerak.