Berita

    Featured Image

    Cara Menggunakan Lampu Mobil dengan Benar dan Tepat

    Lampu mobil merupakan komponen vital yang sangat berpengaruh terhadap keselamatan berkendara. Maka dari itu, jika Anda merupakan pengendara mobil, penting untuk menggunakan lampu dengan benar dan tepat.

    Bagi sebagian orang, terlebih yang baru saja memiliki mobil, mungkin masih membutuhkan panduan tentang cara menyalakan dan menggunakan berbagai lampu pada mobil. Simak penjelasan berikut dan pastikan Anda bisa menggunakan lampu sesuai fungsinya!

    Cara Menyalakan Lampu Mobil

    Cara untuk menyalakan berbagai jenis lampu pada mobil sebenarnya bukan hal yang sulit. Namun mungkin belum menjadi hal biasa bagi sebagian orang, misalnya pengguna mobil baru atau orang yang masih baru belajar menyetir.

    Berikut merupakan cara untuk menyalakan lampu pada mobil yang sebaiknya Anda ketahui, supaya bisa berkendara dengan aman.

    • Nyalakan Mesin Mobil

    Hal pertama yang tentunya harus dilakukan yaitu menyalakan mesin mobil. Pastikan mesin sudah menyala dengan baik, lalu cari tuas pengatur untuk lampu. Biasanya, tuas tersebut ada di sekitar roda kemudi atau setir.

    • Mulai Pilih Mode atau Jenis Lampu

    Selanjutnya, Anda bisa memilih jenis atau mode lampu yang ingin dinyalakan. Ada berbagai lampu yang bisa dinyalakan, misalnya lampu belakang, lampu depan, lampu hazard, dan lampu rem.

    Pastikan Anda sudah mengetahui fungsi dari setiap lampu tersebut, sehingga bisa memilih dengan tepat sesuai keperluan.

    • Nyalakan Lampu

    Setelah memilih jenis lampu yang akan dinyalakan, selanjutnya Anda bisa menarik tuas pengaturnya untuk dapat menyalakan lampu.

    Untuk beberapa jenis mobil, mungkin saja ada tombol yang dapat digunakan untuk pengaturan lampu-lampu tersebut.

    Supaya dapat memahami semua pengaturan dengan baik, maka sebaiknya Anda membaca dan mempelajari buku manual yang sudah diberikan ketika membeli mobil tersebut.

    • Jangan Lupa Sesuaikan Cahayanya

    Setelah lampu sudah menyala, maka hal penting yang harus Anda pastikan yaitu apakah lampu tersebut sudah sesuai atau belum. Anda bisa menyesuaikan kondisi jalanan yang dilintasi untuk mengatur kebutuhan lampu.

    Apabila melintasi jalan yang terbilang gelap, maka pastikan Anda menyalakan lampu dengan cahaya yang cukup terang.

    Selanjutnya, jika jalan yang dilalui sudah terang, maka sebaiknya jangan memakai intensitas cahaya yang terlalu terang karena bisa saja mengganggu pengendara lain.

    Berbagai Jenis Lampu Mobil dan Fungsinya