Berita

    Featured Image

    Tips Merawat Kaca Mobil agar Tetap Jernih dan Bebas Noda

    Merawat kaca mobil memiliki pentingnya untuk memastikan visibilitas yang jelas saat mengemudi. Kabar baiknya, tidak perlu pergi ke salon mobil untuk melakukan hal tersebut. Ada beberapa tips yang dapat dilakukan sendiri di rumah untuk memberikan perawatan pada kaca di mobil Anda.

    Perlu Anda ingat bahwa langkah dan cara perawatannya berbeda dengan saat Anda merawat bodi mobil. hal ini dilakukan agar kaca tidak mudah tergores atau pun baret ketika Anda melakukan pembersihan.

    Beberapa Tips Perawatan Kaca Mobil

    Sebetulnya, praktis membersihkan kaca-kaca yang ada di sekitar mobil itu tricky. Jika Anda teledor, kaca film akan terkelupas, kaca tidak mengkilap bahkan menghalangi pandangan saat Anda mengemudi. Agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, ikuti tipsnya di bawah ini.

    • Gunakan Air yang Bersih dan Pembersih Khusus

    Bukan hal baru jika pemilik mobil menggunakan kaca film untuk melindungi dari panas. Meskipun lembaran pelindung ini sering kali sudah memiliki perlindungan anti gores, namun bukan berarti kaca film tidak akan tergores.

    Nah, untuk membersihkan kaca film, cukup gunakan air, sampo ber-pH rendah dan kain lembut untuk mengelapnya.

    • Gunakan Lap dari Bahan yang Lembut

    Pemilihan jenis dan kondisi lap memiliki dampak yang signifikan dalam menjaga kaca tetap terlihat berkilau. Lap yang lembut dan bersih akan mencegah terjadinya goresan pada kaca. Menggunakan lap yang kasar dapat menyebabkan goresan akibat serat-serat pada lap.

    Sementara itu, jika lap yang digunakan kotor, dapat menyebabkan goresan karena debu yang menempel. Oleh karena itu, penting untuk menyiapkan dua ember air yang berbeda, satu untuk membilas lap dan satu lagi untuk mencuci kacanya.

    • Hindari Bahan Pembersih yang Kasar dan Tajam

    Agar kaca tidak tergores, pilih lap dan cairan pembersih yang aman dan tidak memiliki permukaan kasar atau tajam seperti cairan yang mengandung amonia. Bahan kimia tersebut dapat kaca tergores atau baret saat membersihkan kaca.

    • Segera Keringkan Kaca Menggunakan Kain

    Apabila kaca basah, disarankan untuk segera membersihkannya menggunakan kain lembut setelah tiba di tujuan. Hal ini penting untuk mencegah timbulnya jamur pada kaca yang dapat mengganggu visibilitas saat berkendara.

    Kaca mobil yang basah akibat hujan atau setelah dicuci cenderung mudah terkena jamur. Oleh karena itu, penting untuk segera mengeringkan kaca saat basah. Jika terlanjur terkena jamur, Anda dapat menggunakan cairan pembersih kaca khusus untuk menghilangkannya.