Berita

    Featured Image

    Tips Aman Membersihkan Noda Lumpur di Mobil

    Lumpur merupakan jenis noda yang sering dimiliki oleh mobil. Terlebih lagi jika mobil baru saja digunakan saat hujan deras dan melewati daerah kubangan atau tanah. Itulah mengapa cara membersihkan noda lumpur di mobil perlu diperhatikan.

    Sekilas cara ini memang terlihat sepele. Namun jika tidak diterapkan dengan baik, maka akan membuat lumpur sulit untuk dihilangkan atau mobil menjadi baret. Oleh sebab itu, cara ini perlu diperhatikan dengan baik agar hal-hal tersebut tak terjadi. Berikut uraiannya!

    Cara Membersihkan Noda Lumpur di Mobil

    Beragam cara bisa diterapkan untuk membersihkan noda lumpur pada mobil dengan tepat. Intip informasi di bawah ini:

    • Lunakkan Lumpur Terlebih Dahulu

    Lumpur yang didiamkan akan mengeras bersama kerikil atau benda-benda kecil. Jika langsung digosok dengan sabun, maka lumpur tersebut akan menggores body mobil sehingga cat pun akan terkelupas.

    Oleh sebab itu, lumpur perlu dilunakkan terlebih dahulu. Caranya dengan menyemprot body mobil menggunakan air dari atas ke bawah. Jika sudah lunak, maka baru bisa dicuci.

    • Pilih Sabun yang Tepat

    Sebaiknya, gunakan sabun yang tepat untuk bagian body dan mesin mobil. Hal ini disebabkan masing-masing jenis sabun memiliki kandungan yang berbeda. Terkadang, ada sabun yang terlalu keras sehingga akan membuat bagian mesin berkarat.

    Jika tidak ada sabun yang aman untuk bagian mesin, maka cairan HF atau sabun cuci piring bisa dipilih. Sabun-sabun tersebut cukup aman untuk digunakan terhadap mesin.

    • Gunakan Bahan yang Lembut

    Cara membersihkan noda lumpur di mobil lainnya yang perlu diperhatikan adalah menggunakan kain microfiber untuk menggosok bagian body mobil. Microfiber memiliki bahan yang lembut sehingga dapat mencegah terjadinya baret.

    Jika tidak ada kain microfiber, maka spons biasa bisa digunakan. Namun pastikan spons tersebut cukup lembut agar tidak menggores body mobil.

    • Bilas sampai Bersih

    Setelah menggosoknya dengan sabun, maka mobil bisa dibilas dengan air sampai bersih. Usahakan untuk tidak meninggalkan noda setitik pun karena bisa membuat cat menjadi kusam bahkan merusaknya.

    mencuci dan membilas mobil

    Setelah dibilas, mobil bisa dikeringkan dengan kain microfiber yang halus. Usahakan sampai kering agar tidak menimbulkan bercak pada cat. Bersihkan lagi jika ada noda lumpur yang tertinggal.

    • Gunakan Cairan Khusus

    Jika Anda mengalami kesulitan saat menerapkan cara membersihkan noda lumpur di mobil di atas karena membandelnya kotoran yang melekat pada body, maka Anda bisa menggunakan cairan khusus.

    Cairan khusus ini bisa membuat kotoran membandel seperti lumpur menjadi lebih lunak sehingga mudah untuk dibersihkan. Cairan inipun bisa dijumpai dengan mudah di berbagai toko aksesoris mobil.

    Cara pengaplikasian cairan ini cukup mudah, yaitu cucilah mobil terlebih dahulu. Jika masih ada noda yang membandel, tuangkan cairan ke kain microfiber. Lalu, gosokkan kain tersebut ke noda tersebut hingga bersih.

    • Gunakan Wax

    Untuk mencegah mobil terkena kotoran yang membandel seperti lumpur, maka wax bisa digunakan pada body mobil. Wax juga bisa membuat cat menjadi lebih mengkilap. Namun, perhatikan untuk menggunakan wax secara merata ke seluruh body mobil.