Berita

    Featured Image

    Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi Mobil Berdecit

    Perlu diketahui, mobil berdecit merupakan salah satu sinyal suara yang bisa timbul dari kendaraan yang mengalami kerusakan serta masalah di komponen luar dan dalamnya. Contohnya bunyi cit cit di roda belakang yang muncul ketika Anda berada di jalan lurus.

    Pada dasarnya, munculnya suara ini dapat disebabkan oleh berbagai macam hal seperti tekanan angin dari ban kurang, compound ban yang terlalu lunak dan yang lainnya. 

    Penyebab Mobil Berdecit

    Ada berbagai penyebab munculnya bunyi berdecit pada mobil. Agar dapat menghilangkan bunyi tersebut, Anda harus mengetahui masalahnya terlebih dulu. Berikut berbagai penyebabnya, antara lain:

            1. Kampas Rem yang Kotor

    Bunyi cit cit di roda belakang bisa disebabkan karena kotornya kampas rem. Hal ini disebabkan karena desain rem cakram mobil adalah desain terbuka, sehingga memungkinkan masuknya berbagai macam kotoran dari luar ke dalam kampas rem. 

    Akhirnya, bagian tersebut kotor oleh kerak dan debu. Saat kampas rem kotor, hal ini akan menimbulkan bunyi ketika rem diinjak. Suaranya seperti cit cit, untuk mengatasinya, Anda harus membersihkan serta menghilangkan kotoran. 

    Dengan pembersihan kotoran, hal ini meminimalisir gesekan antara kotoran kampas dengan piringan rem yang berputar. Habisnya kampas rem juga harus menjadi perhatian, lakukan pengecekan kampas secara berkala. Bila dibiarkan begitu saja, hal ini dapat membuat rem mobil menjadi tidak pakem. 

            2. Sudut Roda yang Tidak Seimbang

    Pada dasarnya, sudut roda seperti caster, chamber serta toe-in telah di set dengan baik saat kendaraan berada di pabrik. Tetapi, karena faktor penggunaan, akhirnya sudut ini menjadi bergeser dan akhirnya membuat perubahan sudut belok mobil. 

    Jika sudutnya sudah berubah, akan terjadi bunyi cit-cit di bagian roda belakang, dan akhirnya akan terjadi gesekan antara aspal dan ban yang lebih besar dibandingkan yang seharusnya. 

    Biasanya, ban habis sebelah disebabkan karena sudut kurang seimbang. Oleh sebab itu, lakukan pengecekan angin ban ketika mengganti, selain itu perhatikan kesesuaian ukuran ban. 

            3. Per Daun yang Mongering

    Per daun merupakan pegas yang memiliki bentuk lempengan panjang layaknya daun pandan. Per ini biasanya diletakkan di roda dan mempunyai kekuatan begitu besar. Tidak mengherankan bila per daun hanya akan ditemukan di kendaraan besar seperti mobil niaga dan truk.