Berita

    Featured Image

    Simak Penyebab Klakson Mobil Mati & Cara Mengatasinya.

    Ketika klakson mobil mati, tentu saja hal ini dapat membuat kita menjadi merasa cemas dan khawatir. Lebih-lebih bila sedang berada di jalan raya dan lalu lintas sedang padat-padatnya. Matinya klakson mobil dapat membuat konsentrasi menjadi buyar. 

    Bahkan, fokus saat mengemudi dapat langsung menurun karena masalah ini. Oleh sebab itu, ketahui apa yang menyebabkan tidak hidupnya klakson mobil serta cara penanganan yang dapat dilakukan. 

    Penyebab Klakson Mobil Mati

    Berikut sejumlah penyebab matinya klakson mobil, antara lain:

            1. Saklar yang Sudah Berkarat

    Berkaratnya saklar juga dapat menjadi akar penyebab matinya klakson mobil. Umumnya, hal ini disebabkan karena kotoran yang menumpuk di dalam, karat di lempengan tembaga atau di sistem kelistrikan yang lain.

    Jika saklar klakson ini sudah terganggu, dapat dipastikan klakson tidak dapat berfungsi dengan maksimal. Anda dapat segera menghubungi dealer resmi mobil untuk melakukan perbaikan. Karena, umumnya perbaikan saklar memiliki proses yang rumit. 

    Tidak semua orang dapat melakukan perbaikan ini sendiri. Oleh sebab itu lebih baik langsung membawa ke dealer agar dapat dilakukan pengecekan dan di service montir berpengalaman. 

            2. Sekring Terputus

    Klakson mobil mati juga dapat disebabkan karena sekring yang terputus. Di dalam proses instalasi klakson mobil, sekring memiliki peran sebagai pengaman rangkaian listrik sehingga tidak terjadi kelebihan muatan. 

    Bentuk dari sekring ini mirip garpu dan berlapis plastic. Lokasi sekring ini berada di ruang mesin. Setiap komponen yang dimiliki sekring tentu saja begitu krusial untuk mobil. 

    Bila terdapat satu kabel putus, semua sistem kelistrikan dapat bermasalah. Contohnya saja seperti klakson mobil yang mati. Lantas, bagaimana cara untuk mengatasinya? Anda harus mengganti sekring dengan komponen yang baru. 

            3. Relay yang Sudah Usang

    Penyebab lain klakson mobil yang mati juga bisa disebabkan karena kotornya relay atau terkena percikan air. Pada sejumlah tipe kendaraan yang memiliki relay, komponen ini memiliki fungsi menjadi penghubung arus listrik kendaraan dengan baterai. 

    Relay berlokasi di sistem kelistrikan kendaraan dan memiliki peran untuk menghasilkan bunyi saat tombol klakson ditekan. Jika relay sudah usang, relay tidak bisa digunakan dengan maksimal dan tidak dapat menghubungkan klakson dengan sumber listrik.