Berita

    Featured Image

    Kenali Fungsi dan Jenis Dari Rem Tromol Mobil

    Mobil memiliki banyak komponen agar akhirnya bisa berjalan. Satu di antaranya adalah rem tromol mobil. Jenis rem yang satu ini berbeda dengan jenis cakram. 

    Dalam segi fungsi keduanya memiliki kemiripan. Namun cara kerja dan juga desain dari kedua rem ini lah yang berbeda. Mari ketahui apa itu rem jenis tromol sekaligus jenisnya.

    Pengertian Rem Tromol Mobil

    Arti dari rem jenis tromol adalah sebuah rem kendaraan yang cara kerjanya dengan gesekan antara kampas dengan tromol. Letaknya berada di samping luar dari dua kampas pada rem. Perangkatnya tertutup, sehingga tidak mudah terkena debu atau kotoran.

    Sedikitnya ada dua fungsi rem yang satu ini, seperti:

    Mengurangi Laju Mobil

    Tentu saja rem ini memiliki fungsi untuk mengurangi kecepatan kendaraan. Sehingga mobil bisa berhenti lebih halus dan lebih aman. Bahkan sistem pengeremannya lebih lembut ketimbang rem cakram.

    Menahan Gerakan Mobil

    Fungsi rem tromol berikutnya untuk menahan gerakan pada mobil, di jalan dengan permukaan yang tidak rata. Sehingga mobil tetap diam tidak bergerak. Untuk itu, pemilik mobil selalu menggunakan rem yang satu ini untuk memarkir kendaraannya.

    Jenis-jenis Rem Tromol Mobil

    Rem yang satu ini memiliki enam tipe rem tromol. Berikut rincian dan penjelasannya:

            1. Leading and Trailing Shoes

    Seperti namanya, jenis ini terdapat dua sepatu rem. Fungsinya untuk leading dan juga trailing. Artinya, jenis ini bisa menghentikan putaran tromol menjadi lebih kuat, sedangkan trailing berperan sebagai alat bantu rem.

    Nah, pada ujung atas sepatu rem, ada sebuah fixed wheel cylinder. Terdapat dua piston di sini, yang bertugas mendorong dua sepatu rem ini supaya bisa membuka. Akhirnya, permukaan kampas bisa menyentuh tromol.

            2. Single Leading Shoes

    Kedua yaitu satu tromol dengan dua kampas. Namun, hanya satu saja yang berperan sebagai leading shoes. Sepatu lainnya berguna untuk mendukung kampas utama. 

    Cara kerja jenis ini begitu sederhana. Hal itulah yang membuat single leading shoes sudah jarang digunakan, karena daya cengkramnya yang rendah.

            3. Two Leading Shoes

    Ketiga adalah jenis yang membuat dua sepatu rem menjadi leading shoes. Apa bedanya dengan jenis pertama? Pada jenis ini, apabila tromol bergerak searah dengan jarum jam, maka sepatu pada sebelah kanan akan ikut bergerak. Sedangkan sepatu rem pada sebelah kiri, mulai bergerak pada bagian bawah.