Berita

    Featured Image

    Kenali 5 Penyebab Indikator Airbag Menyala.

    Masalah indikator airbag menyala wajib Anda ketahui penyebabnya. Karena apabila tiba-tiba terjadi airbag yang keluar tiba-tiba tentu akan membuat kaget bagi para pengemudinya. Tidak menutup kemungkinan juga akan berpotensi berbahaya dan menyebabkan kecelakaan.

    Anda juga pasti tahu bahwa cara kerja airbag ini sangat tergantung pada sensor atau indikator. Pada umumnya, sensor ini jarang terjadi masalah. Namun, alangkah lebih baik jika Anda mengetahui lebih awal mengapa lampu indikator airbag tiba-tiba menyala pada artikel ini.

    Penyebab Indikator Airbag Menyala

    Apabila indikator airbag sudah menyala, sebaiknya segera untuk diperiksa sumber masalahnya. Karena potensi bahaya akan selalu ada dan akan mengganggu keamanan Anda ketika berkendara. Berikut ini 5 penyebab umum indikator airbag mobil Anda menyala:

            1. Kabel Clock Spring Bermasalah

    Penyebab pertama yang dapat Anda simak adalah kabel clock spring yang bermasalah. Komponen clock spring adalah penghubung unit pengaturan airbag dengan driver module. Nah, jika lampu indikator airbag mobil menyala, kemungkinan ada masalah pada komponen satu itu.

    Sebagai solusi, Anda dapat membongkar kemudi mobil Anda dan mengecek kondisi komponen clock spring ini. Kembalikan kabel pada kondisi semula, dan sebaiknya Anda melakukan hal ini di bengkel resmi.

            2. Tidak Rutin Melakukan Servis

    Kedua, Anda tidak rutin melakukan servis mobil dan mengakibatkan berbagai komponen mobil Anda dalam kondisi tidak baik. Padahal ketika memiliki kendaraan, setidaknya Anda wajib melakukan pengecekan dan servis rutin mobil Anda.

    Salah satu masalah yang datang ketika tidak rutin servis adalah indikator airbag mobil menyala. Maka dari itu, solusi dari masalah satu ini adalah melakukan servis rutin di bengkel profesional dan resmi.

            3. Sistem Keamanan Mobil Terganggu

    Penyebab ketiga indikator airbag menyala adalah sistem keamanan mobil Anda terganggu. Anda pasti sudah tahu bahwa airbag akan berfungsi ketika terdapat benturan pada mobil. Nah, jika sistem keamanan terganggu atau rusak, maka kemungkinan akan mengirimkan false signal akan tinggi.

    Sistem keamanan mobil ini terdiri dari berbagai fungsi kelistrikan, sensor dan variasi kode komputer. Jika komponen tersebut rusak dan bermasalah, maka airbag Anda juga akan terpengaruh dan tentu mengganggu aktivitas mengemudi Anda.