Berita

    Featured Image

    Ternyata Ini Penyebab Body Mobil Keropos

    Masalah body mobil keropos dan bolong ternyata cukup banyak terjadi. Hal ini tentu akan sangat mengganggu tampilan mobil dan membuat nilainya jadi turun. Apalagi jika keropos terjadi di banyak tempat dan sangat parah. 

    Terjadinya keropos pada badan mobil ini ternyata dipicu oleh beragam faktor. Jika Anda ingin mencegah kondisi tersebut terjadi, mari pahami apa saja faktor yang berpengaruh. 

    Penyebab Body Mobil Bolong

    Bisa Anda bayangkan badan mobil yang bolong atau keropos pasti akan terlihat sangat rapuh. Hal ini bisa dipicu oleh beragam jenis faktor. Berikut adalah beberapa penyebab umum terjadinya lubang atau keropos pada badan mobil:

    Munculnya Karat

    Salah satu penyebab utama badan mobil jadi keropos dan bolong adalah karat. Karat atau korosi ini bisa menurunkan ketahanan material badan mobil dan merusaknya. Lapisan pelindung mobil pun jadi luruh dan keropos. 

    Korosi bisa terjadi karena banyak faktor. Misalnya saja karena ada paparan air, garam, lingkungan yang lembab, juga paparan bahan kimia yang bersifat korosif. Jika dibiarkan saja maka lubang akibat karat ini akan terus membesar. 

    Benturan dan Tekanan

    Ternyata masalah body mobil keropos juga bisa disebabkan oleh adanya benturan atau tekanan. Jika mobil Anda sering terbentur atau menabrak sesuatu maka kemungkinan badan mobil keropos akan lebih besar. 

    Pexels

    Benturan atau kerusakan mekanis bisa memicu terjadinya lubang. Semakin keras benturannya maka lubang tersebut akan semakin besar. Hal ini bisa memperburuk kerusakan badan mobil. 

    Pengaruh Lingkungan

    Faktor lingkungan juga bisa berpengaruh terhadap keadaan badan mobil. Body mobil keropos bisa terjadi saat kondisi lingkungan terlalu ekstrem. Misalnya udara yang terlalu panas, udara mengandung garam, hingga hujan asam. 

    Cara Perawatan yang Salah

    Perawatan mobil memang harus dilakukan dengan cara yang tepat. Jika perawatannya saja salah maka performa mobil akan menurun dan kondisi mobil bisa rusak. Bahkan lama-kelamaan badan mobil bisa jadi keropos. 

    Penting sekali untuk memperhatikan jenis cairan pembersih yang Anda gunakan. Jika ingin melindungi badan mobil maka pakailah lapisan pelindung yang tepat agar tidak muncul korosi dan terjadi lubang. 

    Usia Material Mobil

    Faktor usia juga bisa berpengaruh pada kondisi badan mobil. Semakin tua usia mobil maka kondisi material badan mobil juga akan menurun. Hal ini akan memicu terjadinya korosi dan kerusakan yang semakin parah. 

    Cara Mengatasi Body Mobil Keropos

    Apa yang bisa dilakukan jika badan mobil mulai keropos dan berlubang? Tentu hal ini tidak bisa dibiarkan begitu saja. Anda harus segera melakukan upaya tertentu untuk memperbaiki kondisi badan mobil tersebut. 

    Pertama-tama lakukan dulu identifikasi kerusakan yang terjadi pada badan mobil. Cari tahu bagian mana yang keropos dan berlubang lalu tentukan seberapa besar bagian yang rusak. 

    Selanjutnya bagian yang rusak perlu dibersihkan terlebih dahulu. Jika proses pembersihan sudah selesai maka Anda bisa segera menambah bagian tersebut. Penambalan harus dilakukan dengan bahan tambal yang berkualitas. 

    Setelah penambalan selesai, Anda bisa menghaluskan bagian yang sudah ditambal tadi memakai amplas. Langkah terakhir adalah pengecatan bagian tambalan supaya estetika mobil kembali bagus. 

    Sebaiknya bagian yang sudah ditambal tadi juga dilindungi dengan lapisan pelindung. Apabila Anda merasa bingung dan tidak yakin maka langsung saja konsultasi dengan pihak bengkel dan tenaga ahli yang profesional.