Berita

    Featured Image

    Waspada! Kebiasaan Ini Bikin Power Steering Jadi Rusak

    Ketika power steering rusak, mengemudi tidak akan nyaman. Sebab, Anda akan mengalami kesusahan dalam melakukan manuver dan mengendalikan mobil. 

    Untuk menghindari kerusakan pada power steering, sebaiknya hindari kebiasaan-kebiasaan ini. Apa saja? Berikut ulasannya!

    Kebiasan Buruk Penyebab Power Steering Rusak

    Tanpa disadari, mungkin Anda sudah melakukan salah satu dari kebiasaan buruk berikut yang membuat power steering jadi mudah rusak. Jadi, perhatikan baik-baik apa saja kebiasaan buruk tersebut: 

    • Sabuk Power Steering Aus

    Setir mobil memiliki komponen yang sangat penting untuk diperhatikan yaitu sabuk power steering. Namun, banyak pemilik mobil yang sering luput melakukan pengecekan. 

    Fungsi dari sabuk tersebut untuk membantu menghentikan gerakan power steering saat berputar. Perlu Anda ketahui, jika belt ini cukup rentan untuk mengalami keausan. Maka, selalu lakukan pengecekan secara rutin saat ke bengkel untuk mengetahui kondisinya. 

    • Memutar Kemudi Hingga Mentok

    Power steering rusak bisa disebabkan karena kebiasaan Anda yang sering kali memutar kemudi hingga mentok. Umumnya, ini dilakukan saat Anda hendak memutar balik atau bahkan saat memarkir mobil. 

    memutar setir sampai mentokFreepik.com

    Ketika Anda memutar kemudi hingga mentok dan mendengar bunyi “klik”, bisa dipastikan jika setir mobil akan lebih cepat aus. Karena itu, berhati-hatilah dalam memutarnya. 

    • Membiarkan Cairan Terkontaminasi

    Power steering menggunakan sistem hidrolik yang mana membutuhkan kekuatan gaya untuk mendorong cairan agar dapat menciptakan gerakan. 

    Sistem ini mampu mengeluarkan gaya besar hanya dengan sedikit energi yang dimasukkan dan merupakan cara efektif dalam mengendalikan mobil. 

    Namun, apa yang terjadi bila cairan tersebut sudah terkontaminasi? Maka, sistem kemudi akan macet dan rusak. 

    Karena itulah, penting untuk selalu mengecek bagian cairan tersebut agar tidak terkontaminasi. 

    • Mengerahkan Terlalu Banyak Tenaga

    Power steering rusak dapat disebabkan karena digunakan untuk melewati jalanan dengan kondisi kasar, berlubang, atau penuh polisi tidur yang tidak terduga. 

    Guncangan keras yang timbul selama melewati jalan yang tidak ideal tersebut akan menyebabkan komponen di sistem power steering mudah aus. Untuk itulah, sebisa mungkin hindari jalanan yang kasar. 

    Bila harus melewati jalanan berlubang atau kasar, pastikan untuk mengatur kecepatannya. Hindari melewati jalanan yang tidak ideal dengan kecepatan tinggi. 

    • Pompa Kemudi Mulai Aus

    Terlalu tekanan yang diberikan pada pompa power steering bisa membuatnya cepat aus. Tekanan tersebut seperti terlalu memutar setir mobil ke arah kanan maupun kiri. 

    Pompa setir mobil yang mulai aus biasanya akan memberikan tanda, seperti muncul suara bising sewaktu memutar roda. Maka, segera lakukan pengecekan dan perbaikan sebelum pompa semakin rusak. 

    Itulah kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan power steering rusak lebih cepat dari usia pakai yang direkomendasikan oleh produsen. Sebaiknya Anda menghindari keenam kebiasaan buruk tersebut.