Berita

    Featured Image

    Tips dan Cara Tetap Tenang ketika Belajar Mengemudi

    Bagi sebagian orang, belajar mengemudi adalah kegiatan yang menyenangkan atau bahkan telah dinanti-nanti. Namun, ada pula sebagian orang yang merasa takut dan cemas ketika sedang berlatih, sehingga hal tersebut menyebabkan kesulitan tersendiri.

    Sebenarnya, ada berbagai tips dan cara yang bisa dilakukan untuk meminimalisir hal tersebut dan tetap tenang ketika mengemudi.

    Tips Tetap Tenang ketika Belajar Mengemudi

    Berlatih mengemudi memang merupakan tantangan tersendiri bagi sebagian orang, terlebih yang masih belum cukup tenang dan percaya diri. Berbagai perasaan pun seringkali mengganggu, seperti rasa takut dan cemas. 

    Supaya dapat tetap tenang ketika berlatih mengemudi, tips dan cara di bawah ini dapat menjadi solusi bagi Anda!

    • Pahami Semua Fitur serta Komponen Mobil

    Salah satu hal yang bisa membuat Anda cemas atau takut yaitu ketika belum benar-benar paham tentang fitur dan komponen mobil, termasuk berbagai fungsinya.

    Maka dari itu, sangat penting untuk memahami dan mengenal mobil Anda sebaik mungkin. Dengan memahami seluruh fitur dan komponen, keamanan berkendara pun dapat lebih terjamin.

    Misalnya, penting untuk mengetahui posisi pedal mobil dan penggunaan tuas transmisi, lalu pastikan Anda bisa menggunakannya dengan tepat.

    • Perbanyak Latihan Mengemudi

    Perasaan takut, tidak percaya diri, dan cemas adalah hal yang wajar dialami oleh pengemudi pemula yang masih belajar.

    Namun, penyesuaian diri perlu segera dilakukan, karena berkendara dengan perasaan sejenis itu dapat mengurangi tingkat konsentrasi dan keamanan berkendara.

    Untuk mengurangi perasaan tersebut, maka ada baiknya Anda perbanyak latihan mengemudi. Seiring bertambahnya pengalaman latihan, Anda akan lebih terbiasa

    • Minta Ditemani Orang Terdekat saat Berlatih

    Jika belum berani untuk mengemudi sendiri, maka Anda bisa mengajak orang terdekat untuk menemani, misalnya saudara atau teman.

    Ajaklah orang terdekat yang sudah lebih paham dan berpengalaman mengemudi, sehingga dapat membantu jika Anda mengalami kesulitan di tengah jalan.

     

    tips tenang ketika mengemudi

    Freepik.com

    Tips ini dapat menjadi solusi untuk mengurangi rasa panik, cemas, atau takut. Misalnya, ketika akan mengambil jalur tertentu, Anda bisa meminta saran jalur yang lebih tepat.