Berita

    Featured Image

    Penyebab Bumper Mobil Retak dan Cara Mengatasinya

    Bumper mobil bukan hanya saja sekedar hiasan namun juga memiliki fungsi untuk melindungi bagian yang penting seperti lampu dan bodi mobil. Karena fungsinya yang penting, jika Anda mendapati bumper mobil retak maka Anda perlu memperbaikinya.

    Setiap mobil memiliki dua bumper yaitu bumper depan dan belakang. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan bumper mobil tersebut retak atau renggang. Ketahui penyebab dan cara mengatasi bumper retak pada ulasan berikut ini.

    Inilah Beberapa Penyebab Bumper Mobil Retak

    Berikut beberapa faktor yang bisa menyebabkan keretakan atau kerusakan pada bumper mobil 

    • Mengalami Benturan Keras

    Penyebab bumper rusak pertama yaitu bisa disebabkan karena adanya benturan keras dengan benda atau kendaraan lain. Karena berada di area paling luar, jika terjadi tabrakan atau benturan maka bumper mobil biasanya akan rusak terlebih dahulu. 

    Hal lain yang bisa menyebabkan bumper mobil bagian belakang retak atau renggang yaitu mobil Anda tidak sengaja tertabrak kendaraan di belakang Anda. 

    • Kerusakan pada Klip Penahan

    Penyebab berikutnya yaitu adanya kerusakan pada klip penahan bumper. Terjadinya benturan atau goresan dengan benda atau kendaraan bisa menyebabkan klip penahan menjadi longgar sehingga bumper mobil menjadi lebih renggang. 

    Kebiasaan memarkirkan mobil sembarangan juga bisa mengakibatkan goresan yang mengakibatkan klip penahan bumper menjadi longgar. Kebiasaan membongkar pasang bumper juga bisa menyebabkan klip ini longgar atau patah.

    • Sering Melewati Jalan Rusak

    Kebiasaan melewati jalanan rusak tidak hanya merusak ban mobil namun juga berisiko menyebabkan guncangan yang semakin lama bisa mengakibatkan klip bumper mobil Anda menjadi renggang bahkan retak atau patah.

    jalan berlubang dan rusak

    Oleh karena itu, sebaiknya Anda perlu lebih berhati-hati ketika melewati jalanan yang rusak.

    Tips Mengatasi dan Mencegah Bumper Mobil Retak

    Berikut beberapa tips mengatasi dan mencegah bumper mobil rusak atau retak yang bisa Anda coba:

    • Menggunakan Alat perekat

    Jika Anda mendapati bumper mobil Anda ternyata retak maka segera perbaiki. Keretakan pada bumper tidak boleh dibiarkan terlalu lama karena bisa memperparah kerusakan dan merusak estetika mobil Anda. 

    Anda bisa memperbaiki bagian bumper yang retak dengan menggunakan alat perekat seperti lem dan sejenisnya.

    • Mengganti Klip Penahan

    Berikutnya Anda bisa memperbaiki bumper yang renggang akibat kerusakan klip penahan dengan cara mencopot bumper mobil Anda. Lepaskan bumper mobil secara perlahan. Kemudian Anda bisa mengganti klip penahan bumper yang rusak dengan yang baru. 

    Supaya klip penahan tidak longgar kembali setelah diperbaiki maka sebaiknya hindari terlalu sering melepas dan memasang bumper mobil. Lakukan pengecekan rutin, apabila Anda mendapati sekrup bumper renggang maka segera kencangkan agar tidak lepas. 

    • Memasang Pelindung Bumper

    Guna mencegah bagian bumper dari kerusakan maka Anda bisa mengaplikasikan pelindung bumper. Pelindung ini ada yang terbuat dari karet maupun besi. Anda bisa mendapatkan pelindung bumper di toko otomotif terdekat.

    • Bawa Mobil ke Bengkel Resmi Terdekat

    Apabila kerusakan bumper sangat parah atau Anda merasa tidak bisa mengatasi kerusakan tersebut maka Anda bisa melakukan perbaikan dengan membawa mobil Anda ke bengkel resmi terdekat. 

    Anda juga perlu melakukan servis secara rutin untuk mendeteksi kerusakan pada bumper dan memperbaikinya sesegera mungkin.