Berita

    Featured Image

    Apa Itu Gasket Mobil? Penjelasan dan Fungsinya

    Gasket mobil termasuk komponen yang merangkai mesin pada mobil. Peranan gasket cukup penting dalam menjaga mobil agar tetap berfungsi melalui kinerjanya di dalam mesin mobil. Lebih tepatnya yakni menyekat blok mesin menjadi satu. 

    Kualitas gasket juga harus selalu diperhatikan, sebab apabila gasket bermasalah, mesin juga ikut bermasalah. Untuk itu, pahami tentang gasket sebagai komponen mobil yang penting melalui pembahasan yang lebih lengkap berikut!

    Apa Itu Gasket Mobil?

    Gasket berbentuk lempengan dengan tujuan penggunaan untuk menutupi celah antara dua permukaan komponen yang saling terhubung, seperti antara komponen kepala silinder dengan komponen tabung silinder.

    Material gasket umumnya cukup kuat serta memiliki daya tahan yang baik terhadap suhu tinggi, tekanan, maupun bahan kimia pada mesin kendaraan roda empat ini. 

    Sebuah gasket yang terpasang dengan tepat akan membantu mesin mobil terjaga, serta bekerja dengan efisien dalam mencegah kebocoran gas, cairan, atau pun uap, yang berisiko merusak mesin.

    Anda perlu memelihara gasket secara berkala serta menggantinya apabila Anda menemukan tanda kerusakan atau kebocoran. Jadi, Anda bisa menghindari kerusakan mesin mobil yang lebih parah agar mobil bisa kembali beroperasi.

    4 Fungsi Gasket Mobil

    Adapun gasket memiliki peranan dan fungsi yang cukup berarti pada mesin mobil, mulai dari mencegah kebocoran, meredam getaran, hingga menjaga kebersihan mesin. Lebih jelasnya, simak fungsi gasket berikut ini:

    • Mencegah Kebocoran 

    Keberadaan gasket yang bertujuan menutup celah di antara dua permukaan yang letaknya saling terhubung, seperti blok silinder serta kepala silinder.

    Ini akan mencegah dan menghambat terjadinya kebocoran gas, cairan, maupun uap, yang jika terjadi akan membuat mesin mengalami kerusakan serius. 

    Lebih tepatnya, penyekatan oleh gasket akan mencegah kebocoran oli, jadi oli tidak masuk ke saluran radiator atau pun sebaliknya. Oli jadi aman dari risiko merembes ke ruang bakar mobil.

    • Mempertahankan Kompresi 

    Fungsi gasket pada mobil selanjutnya adalah mempertahankan kerapatan ketika terjadi proses kompresi, atau pemadatan volume akibat proses pembakaran antara udara dan bahan bakar.

    Gasket akan menutup ruang bakar dengan rapat, sehingga risiko kebocoran bisa dihindari. Proses kompresi pun bisa berjalan secara optimal di ruang bakar mobil. 

    Beda halnya jika tidak ada gasket yang berperan menjaga kompresi. Risiko kebocoran serta pembakaran tidak optimal pun menjadi hal yang harus diantisipasi.

    • Meredam Getaran, Suara, dan Tekanan

    Gasket akan meredam getaran maupun suara pada mesin mobil, jadi Anda sebagai pengendara akan merasa lebih nyaman. Gasket juga akan menahan tekanan sehingga tidak menyebar dari kepala silinder ke area celah blok. 

    Umumnya, mesin sebuah mobil pasti tersedia blok mesin serta terdapat kepala silinder atau cylinder head pada bagian atasnya.

    • Menyalurkan Panas

    Fungsi gasket yang satu ini berjalan sebagai komponen penyalur panas yang dimulai dari komponen cylinder block, lalu kemudian membawa panas menuju cylinder head. Untuk gasket paking yang umum digunakan adalah jenis packing logam.

    Peran gasket sebagai penyalur panas juga erat kaitannya untuk menghindari kebocoran. Selain itu, gasket pun akan menjaga kebersihan mesin dari berbagai partikel dan kotoran yang berisiko menghambat kinerja mesin.