Berita

    Featured Image

    Mengenal Fungsi Receiver Dryer pada Sistem AC Mobil

    Receive dyer merupakan salah satu komponen yang ada pada sistem AC mobil. Komponen ini terletak di antara expansion valve (katup ekspansi) dan condenser

    Apa fungsi receiver dryer? Artikel ini akan mengulas lebih dalam tentang komponen itu, lengkap dengan berbagai hal yang berkaitan dengannya.

    Sebagai pemilik kendaraan, mengetahui hal-hal krusial tersebut merupakan penting hukumnya. Apalagi Anda sering menggunakan mobil ke tempat yang jauh. Mari simak informasinya di sini!

    Penjelasan Lebih Detail tentang Fungsi Receiver Dryer

    Fungsi paling utama dari komponen ini adalah untuk memfilter kotoran dan debu yang mungkin bersirkulasi bersama refrigeran. Apabila kotoran tersebut dibiarkan saja, ia dapat menghambat aliran refrigeran.

    Hal ini bisa terjadi sebab katup ekspansi yang biasa dialiri refrigeran punya lubang yang kecil. Dengan begitu, komponen ini mampu menyaring kotoran yang tersangkut pada receiver dryer.

    Fungsi receiver dryer lain adalah untuk menyerap air yang ada di dalam refrigeran. Keberadaan air dalam sistem AC mobil dapat mengakibatkan problem yang serius, terutama karena refrigeran akan mencapai suhu rendah setelah ia mengalir melalui katup ekspansi.

    Keberadaan air di dalam refrigeran ini berpotensi menyebabkan pembentukan es yang dapat menyumbat sirkulasi pada katup ekspansi.

    Itulah mengapa, silica gel atau desiccant pada receiver dryer AC mempunyai fungsi untuk menyerap air pada refrigeran. Dengan begitu, ia bisa menjaga agar air tidak menyebabkan gangguan pada sistem AC.

     

    Cara Kerja Receiver Dryer

    Prinsip kerja receiver dryer itu sebetulnya sangat sederhana. Perlu Anda ketahui bahwa prinsipnya dapat dibandingkan dengan filter oli atau komponen serupa.

    Cairan refrigeran atau freon yang sudah mengalami penekanan mengalir melalui kondensor yang kemudian masuk ke receiver dryer. Saat freon masuk, filter melaksana tugasnya yaitu bertugas menyaringnya agar kotoran tidak ikut terbawa.

    Di saat yang sama, silica gel atau desiccant bekerja dalam menyerap uap air yang ada dalam freon. Dengan begitu, ia dapat mencegah pembekuan saat freon mengalit lewat katup ekspansi.

    Fungsi Konstruksi Komponen Receiver Dryer pada Sistem AC

    fungsi receiver dryerUnsplash

    Receiver dryer AC mobil dilengkapi dengan beberapa komponen yang bekerja bersama agar AC bekerja dengan baik. Berikut ini fungsi menurut setiap komponennya:

    • Filter

    Seperti yang dijelaskan di atas, filter berfungsi untuk menyaring kotoran dan debu yang bisa saja terbawa saat freon mengalir. Kotoran ini biasanya berasal dari kompresor saat proses pengisian berlangsung.

    • Desiccant

    Ini adalah silica gel atau disebut juga dessicant yang menyerap air saat freon bersirkulasi. Air ini muncul dari proses pem-vakuman yang tidak pas, sehingga udara ikut masuk ke dalam saluran AC.

    • Sight Glass

    Sight glass memiliki fungsi untuk memonitor aliran freon atau refrigeran dalam sistem AC. Namun, perlu diketahui bahwa tidak semua komponen seperti ini dilengkapi sight glass.

    Pada beberapa jenis AC mobil, sight glass ditempatkan pada pipa konektor. Selain untuk mengawasi aliran refrigeran, ia juga berperan dalam memantau jumlah freon atau refrigeran dalam sistem AC.

    • Saluran Masuk

    Salah satu komponen di dalam receiver dryer yang berfungsi sebagai saluran masuk freon.

    • Saluran Keluar

    Komponen yang berfungsi sebagai jalan keluar freon yang sudah disaring dan uap airnya diserap.

    • Fusible Plug

    Komponen ini adalah pengaman kerja sistem AC. Saat tekanan terlalu tinggi, ia akan meleleh, sehingga sistem AC berhenti beroperasi. Titik leleh komponen ini adalah sekitar 950 C-1000 C.

    Demikian penjelasan tentang fungsi receiver dryer AC mobil. Poin-poin di atas menjelaskan bahwa fungsi komponen tersebut sangat penting dalam menunjang kenyamanan berkendara. Karena itulah, penting sekali untuk menjaganya agar tetap baik.