Berita

    Featured Image

    Ciri-Ciri Suspensi Mobil yang Sudah Usang dan Harus Diganti

    Suspensi mobil memiliki peran penting dalam menjaga performa mobil Anda. Tentunya bagian ini harus dirawat dengan baik agar tetap bisa mendukung performa mobil saat dipakai berkendara di berbagai medan. 

    Pada kondisi tertentu, suspensi akan usang karena pemakaian yang cukup lama. Tentunya hal ini bisa mengganggu performa mobil dan membahayakan kondisi Anda sebagai pengendara. Mari cari tahu lebih jauh apa saja ciri-ciri suspensi pada mobil sudah usang dan harus diganti. 

    Ciri-Ciri Suspensi Mobil Sudah Usang

    Penting sekali bagi Anda sebagai pengendara mobil untuk mengetahui ciri-ciri suspensi sudah usang dan perlu diganti. Tujuannya agar Anda bisa melakukan penggantian di waktu yang tepat agar performa mobil tidak terganggu. 

    Berikut adalah beberapa ciri suspensi pada mobil Anda sudah usang dan perlu diganti demi menjaga performa mobil. 

    • Muncul Suara Berisik

    Pada dasarnya mobil dengan kondisi yang baik dan performa optimal tidak akan menimbulkan suara berisik. Jika ada suara berisik yang seharusnya tidak terdengar berarti ada kondisi yang salah. 

    Salah satunya adalah kerusakan pada suspensi atau shockbreaker. Jika komponen ini sudah usang dan perlu diganti maka akan muncul suara-suara bising yang bisa mengganggu konsentrasi Anda saat mengemudi. 

    Suara berisik tersebut akan muncul dari bagian suspensi belakang. Ini merupakan tanda bahwa shock absorber pada suspensi sudah tidak berfungsi optimal lagi. 

    • Muncul Ayunan Berlebih

    Anda juga bisa mendeteksi suspensi pada mobil sudah usang dengan mencermati ayunan saat berkendara. 

    Jika Anda merasakan ayunan berlebih saat mengemudi, bisa berarti ada masalah pada mobil Anda. Masalah tersebut kemungkinan besar berasal dari suspensi.

    Mobil yang memiliki suspensi bagus bisa berjalan dengan baik dan tenang. Ayunan pada bodi mobil tidak berlebih dan akan membuat penumpang maupun pengemudi merasa lebih nyaman.

    • Ban Cepat Aus

    Anda juga dapat melihat tanda kerusakan pada suspensi mobil dengan mengecek kondisi ban. Jika ban mobil cepat aus maka bisa jadi kondisi suspensi memang sudah usang dan perlu diganti.

    Hal ini terjadi karena mobil tidak memiliki sistem suspensi yang baik sehingga gesekan ban kurang terkontrol.

    Perlu diketahui bahwa ban mobil yang aus adalah sebuah masalah serius. Jika dibiarkan begitu saja maka hal ini bisa mengancam keselamatan Anda saat berkendara.

    • Mobil Sangat Limbung

    Ciri berikutnya yang juga menunjukkan bahwa suspensi sudah usang adalah mobil jadi limbung. Hal ini terlihat jelas ketika mobil bermanuver atau berbelok dengan tajam.

    Tentunya kondisi ini sangatlah tidak nyaman bagi pengemudi. Selain itu hal ini juga bisa berbahaya karena menyebabkan posisi di dalam mobil jadi tidak seimbang.

    • Kebocoran Oli

    Cobalah memeriksa apakah ada bagian oli yang rembes atau tidak. Rembesan oli bisa menjadi tanda bahwa shockbreaker oli tergores dan bocor. Hal ini harus diperiksa lebih jauh agar Anda bisa mengetahui sumber masalahnya.

    Kebocoran ini bisa terjadi karena usia pakai yang sudah lama dan usang. Bisa juga disebabkan oleh faktor lain seperti kerusakan fisik akibat benturan. Biasanya hal ini terjadi pada mobil dengan suspensi fluida.