Berita

    Featured Image

    Cari Tahu Tips Berhenti di Lampu Merah saat Turunan

    Apakah Anda sering berkendara di jalan raya? Jika benar, sebaiknya Anda mengetahui tips aman berhenti di lampu merah saat turunan.

    Kawasan lampu lalu lintas (atau sering disebut lampu merah) sering ditemui ketika berkendara di jalan raya. Lokasinya pun tak selalu datar, tak jarang berada di turunan.

    Lokasi seperti itu sangat rawan terjadi kecelakaan. Diperlukan keterampilan mengemudi yang baik untuk dapat tetap aman.

    Sayangnya, masih banyak pengendara yang belum mahir untuk berhenti di lokasi lampu lalu lintas dengan kontur sejenis ini.

    Jika Anda juga merasa kesulitan tersebut, simak tips berikut hingga tuntas. Anda harus tetap memastikan keamanan ketika berkendara.

    Cara Berhenti di Lampu Merah saat Turunan dengan Aman

    Lampu merah yang berada di turunan kadang menjadi tantangan tersendiri bagi pengemudi. Berikut merupakan tips untuk dapat berhenti dengan aman:

    • Selalu Konsentrasi

    Hal pertama dan utama yang perlu dilakukan ketika mengemudi yakni konsentrasi. Pastikan bahwa Anda selalu berkonsentrasi ketika mengemudi.

    Berbagai kecelakaan atau hal yang tak diinginkan seringkali disebabkan oleh kurangnya konsentrasi pengemudi.

    • Bersiap ketika Mendekati Lampu Merah

    Jika sudah ada rambu lalu lintas yang menunjukkan persimpangan, Anda perlu lebih hati-hati. Di jalan raya, biasanya terdapat lampu merah di kawasan persimpangan.

    Jika tak ada lampu merah di kawasan persimpangan pun Anda tetap harus waspada. Persimpangan tanpa lampu merah biasanya sepi, tapi bukan berarti dapat dipastikan aman.

    • Atur Kecepatan

    Semakin mendekati persimpangan, tetaplah berkonsentrasi dan memperhatikan keadaan sekitar. Anda perlu mengatur kecepatan sesuai dengan kondisi jalan.

    Hal ini perlu semakin diperhatikan jika Anda sedang berkendara di tempat baru atau tempat yang belum biasa. Kondisi di lingkungan baru tak selalu

    • Kendalikan Rem dengan Baik

    Pengereman perlu dikendalikan dengan baik ketika sudah dekat dengan persimpangan. Injak rem pedal secara perlahan.

    Sesuaikan juga tekanan dari pedal kopling, supaya dapat seimbang dengan putaran mesin sehingga mesin tidak melonjak ataupun mati. Belum diperlukan penurunan gigi jika masih memiliki momen deselerasi.

    Selama lampu masih berwarna merah, selalu kendalikan rem dengan baik. Kondisi jalan yang menurun harus terus Anda waspadai.

    • Jangan Rem Mendadak