Berita

    Featured Image

    Cara Mengusir Nyamuk di dalam Mobil dengan Cepat

    Keberadaan serangga seperti nyamuk di dalam mobil menjadi salah satu masalah yang kerap dihadapi oleh setiap pemilik mobil. Tidak hanya dapat mengganggu saat berkendara, keberadaan nyamuk juga bisa menjadi sumber penyakit.

    Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan nyamuk masuk ke dalam mobil diantaranya yaitu kaca yang terbuka, kabin gelap dan lembab, serta sampah makanan. Selain itu, mobil yang lama tak digunakan dan bau yang menyengat juga dapat mengundang nyamuk. 

    Tips Mengusir Nyamuk di Mobil

    Mengusir nyamuk di dalam mobil sebenarnya tidak sesulit yang Anda bayangkan. Berikut tips yang bisa Anda coba untuk mengusir nyamuk dari mobil Anda.

    • Bersihkan Semua Sampah di dalam Mobil

    Salah satu hal yang menarik perhatian nyamuk adalah genangan air serta bau yang menyengat. 

    Sampah makanan yang busuk memiliki bau yang menyengat dan sampah botol air biasanya menyimpan genangan air. Jika Anda ingin mengusir nyamuk maka bersihkan semua sampah dari dalam mobil Anda tanpa terkecuali.

    membersihkan sampah di mobilfreepik.com

    Anda juga bisa membersihkan sisa remahan makanan yang tertinggal di jok atau karpet dengan menggunakan vacuum cleaner. Jika Anda tidak ingin nyamuk kembali masuk ke dalam mobil maka rutin bersihkan kabin mobil Anda. 

    Selain rutin membersihkan bagian dalam mobil, Anda juga perlu memperhatikan kebersihan garasi atau tempat dimana mobil Anda diparkirkan. 

    • Tutup Rapat Kaca Jendela

    Jalan yang biasa digunakan nyamuk untuk masuk ke mobil adalah melalui jendela yang terbuka. Nyamuk bisa masuk jika Anda lupa menutup kaca jendela dalam waktu lama. 

    Anda bisa mengusir nyamuk dengan cara parkirkan mobil Anda sebentar di bawah sinar matahari. Nyamuk tidak suka tempat yang terang sehingga cara ini bisa digunakan untuk mengusir nyamuk. 

    Untuk mencegah nyamuk masuk kembali ke mobil selalu tutup kaca jendela rapat-rapat terutama jika Anda parkir mobil di dekat semak-semak atau genangan air.

    • Pakai Cairan Anti Nyamuk

    Cara mengusir nyamuk di mobil berikutnya yaitu dengan menggunakan cairan anti nyamuk baik berupa obat kimia maupun dari bahan alami. 

    Anda harus berhati-hati jika Anda ingin menggunakan obat semprot yang biasa dipakai untuk mengusir nyamuk. Obat pengusir nyamuk mengandung zat kimia yang tidak hanya berbahaya untuk nyamuk namun juga berbahaya untuk kesehatan manusia. 

    Selain menggunakan obat kimia, Anda juga bisa mengusir nyamuk dengan bahan alami seperti minyak esensial serai atau lavender. 

    Anda harus hati-hati dalam memilih pengharum mobil karena bau yang terlalu menyengat seperti parfum juga dapat menarik perhatian nyamuk. 

    • Parkirkan Mobil Anda di Tempat yang Teduh

    Nyamuk sangat menyukai tempat yang hangat dan lembab. Untuk mengusir dan mencegah nyamuk kembali ke mobil bisa dilakukan dengan parkir di tempat yang kering, bersih, dan teduh. 

    Anda bisa menggunakan sarung mobil sebagai perlindungan ekstra terutama ketika Anda parkir di dekat genangan air.

    • Fogging Khusus Mobil

    Mungkin Anda sudah sering kali menjumpai fogging yang dilakukan untuk mengusir nyamuk di dalam rumah. 

    Fogging atau juga dikenal dengan pengasapan merupakan teknik membasmi nyamuk dengan memakai bahan kimia seperti insektisida atau antiseptik. 

    Untuk pembasmian nyamuk pada interior mobil bisa dilakukan dengan fogging khusus mobil. Fogging biasanya akan dilakukan pada seluruh bagian mobil mulai dari dashboard sampai bagian AC.